Siapa Merugi Akibat Software Bajakan?

Software piracy (foto: outlookindia)


JAKARTA - Dealer-dealer komputer mulai berinisiatif untuk tidak menjual PC dengan software bajakan. Bahkan menurut data, hingga kini terdapat sekira 60 persen dealer yang telah berkomitmen.
Hal ini terjadi setelah Microsoft menghadirkan mystery shopper, seorang investigator yang menyamar sebagai pembeli untuk melakukan verifikasi terhadap komputer yang dijual dengan software berlisensi. Jika ternyata ditemukan dealer yang menjual komputer baru dengan menggunakan software bajakan, investigator yang menyamar sebagai mystery shopper tersebut akan melayangkan surat peringatan (legal letter) yang dapat membawa konsekuensi hukum atau menjadi rujukan Polisi untuk mengambil tindakan hukum.

"Inisiatif ini memang berkesan sangat keras. Beberapa dealer yang terbukti meng-install software bajakan tidak senang dengan inisiatif ini, namun mohon dipahami mengapa kami harus melakukannya. Semata-mata hanya untuk melindungi konsumen yang ditipu, serta dealer yang telah jujur menggunakan software asli," ujar Regional Attorney Microsoft, Jonathan Selvasegaram, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (11/11/2010).

Menurutnya tahun ini Microsoft menerima sekira 369 keluhan dan laporan dari konsumer selama 6 bulan. Kebanyakan melaporkan masalah dengan komputernya yang di-install software bajakan.

"Sebagai bagian dari konsumer dan dealer-dealer PC yang selama ini selalu menginstall software asli juga melakukan pendekatan kepada kami dan menanyakan apakah yang kami lakukan terhadap jaringan toko yang menawarkan software bajakan," tambahnya.

Dikatakannya, dealer-dealer jujur, yang menjual PC dengan software asli tersebut mengaku tidak dapat bersaing dengan penjual PC ber-software bajakan. Bahkan jika Microsoft tidak melakukan inisiatif, konsumer akan menanggung akibatnya dan dealer-dealer jujur akan bangkrut.

"Kami akan tegas tapi adil, dan mengutamakan prinsip untuk membangun sikap yang saling menghargai. Jika dealer bersedia untuk berubah, meminta maaf dan selanjutnya menjual software asli, kami tidak akan mengajukan tuntutan hukum. Tapi jika dealer mengabaikan kami dan terus merugikan konsumen, kami tidak punya pilihan lain," tandasnya.

Berdasarkan survei investigator,  jumlah dealer-dealer jujur mencapai 60%.  Inisiatif ini telah dimulai di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Medan, Makassar dan Surabaya. Tujuh produser PC di Medan telah menyetujui untuk mempublikasikan pernyataan dukungan yang akan dipublikasikan di koran terbesar di Medan. Sementara dealer yang tertangkap menjual PC baru dengan software tidak berlisensi diharapkan untuk mempublikasikan permohonan maaf kepada masyarakat luas dalam beberapa minggu ke depan.  Sebagai bagian dari proses penyelesaian, dealer-dealer harus mematuhi dan berjanji untuk menjual PC dengan hanya software asli dan membayar kompensasi untuk biaya hukum.

Pihak-pihak utama yang berkepentingan dengan TI di Indonesia termasuk produser hardware lokal sangat mendukung inisiatif terbaru Microsoft ini. Para pengguna PC sering menyalahkan hardware PC untuk masalah apapun yang muncul selama pengoperasian PC, padahal masalah sesungguhnya timbul dari penggunaan software bajakan.

"Banyak pembeli  tidak menaruh curiga dan tidak mengetahui apakah software yang diinstal di PC mereka asli atau tidak. Sejak kami menolak untuk menginstal software bajakan, beberapa pembeli pergi ke kios atau pihak ketiga untuk menginstal software ilegal. Tapi kemudian mereka kembali lagi kepada kami untuk mengeluhkan masalah pada PC yang mereka curigai berasal dari hardware PC, mereka mengira kami tidak jujur dalam hal spesifiksi PC yang kami jual kepada pembeli. Padahal sebenarnya, masalah tersebut muncul karena software yang mereka gunakan tidak asli," kata Sutadi Soegiarto, pemilik Agung Jaya Computer.

Agung Jaya Computer merupakan salah satu penerima penghargaan Star Shop Award pada bulan Juni 2010. Mereka menerima penghargaan ini karena mereka lulus uji mystery shopper dan juga memenuhi beberapa kriteria lain, seperti pencapaian angka penjualan tertentu. Pada tanggal 10 Juni 2010 Microsoft mengadakan event Star Shop Award pertama di Microsoft Zone, Mangga Dua Mal dan 12 toko komputer berhasil terpilih sebagai Star Shop. (srn)


Sumber : http://techno.okezone.com

Labels:



Leave A Comment:

Yang Mau Tukaran Link Disini Yach

Followers

Copyright © A 81 L Computer.